Monday, September 18, 2006

 

Kata Pembuka

Kepada para rekan software profesional di Indonesia. Saya memberanikan diri untuk membuat weblog ini sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan dan diskusi. Tujuannya adalah untuk menjajaki kemungkinan Indonesia menjadi salah satu daerah tujuan software outsourcing

Kebetulan saya pernah mengunjungi daerah industri software di India dan melakukan penelitian disana. Pengalaman ini menerbitkan ide buat saya untuk mencoba memikirkan strategi untuk meniru keberhasilan India di sektor ini. Sebab negara-negara lain di Asia seperti Vietnam, Philipina, dll telah mencoba mengikuti jejak India. Dan mereka sudah mulai diperhitungkan baik oleh kalangan industri maupun kalangan akademis.

Indonesia sama sekali belum disebut di dalam berbagai jurnal yang saya telaah semasa melakukan penelitian. Satu artikel keluaran tahun 1999 yang menyebut Indonesia. Artikel itu mencoba mengklasifikasikan negara-negara tujuan software outsourcing. Indonesia masuk ke dalam kategori terbawah. Nanti saya akan posting mengenai artikel tersebut.

Perjalanan panjang haruslah dimulai dari satu langkah kecil. Saya berharap blog ini bisa mentrigger sebuah wacana yang kondusif untuk memulai langkah ke arah sana.

Comments: Post a Comment



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?